Halte Transjakarta

488 123 14
                                    

Joy

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Joy

Gue duduk di pojok Halte, menunggu bus datang sambil nunggu adzan magrib. Gue mau batalin puasa di Halte dulu, karena kalo udah masuk bus kita udah gak boleh makan disana. Boleh sih minum tapi gue gak suka makan atau minum sambil berdiri, apalagi di dalem bus. Gue udah nyiapin teh pucuk buat buka puasa. Sambil nunggu, gue buka catetan tadi di kelas Makro Mikro. Ada soal latihan yang gue sempet bingung gimana cara mecahinnya, gue mau review lagi biar semakin lancar.

"Lagi nunggu ojol?"

Gue mendangak dan menemukan seorang cowok berkacamata dengan masker hitam berdiri didepan gue. Lah gak salah nih cowok, udah jelas-jelas gue lagi duduk di halte transjakarta, kok dikira nunggu ojol.

Cowok itu langsung duduk disamping gue, kebetulan kosong. Cowok itu milih duduk ditenggah sedangkan gue dipinggir, jarak kita jadi lumayan dekat. Setelah itu dia copot maskernya sambil nunggu dia ngomong lagi, gue perhatiin mukanya.

"Lo?" Ah gue baru sadar ini cowok kan yang bantuin gue dua hari yang lalu. Agak beda karena pertama ketemu dia gak pake kacamata, pakaiannya juga agak rapih. Kalo waktu itu dia cuma pake flannel lusuh, kali ini dia pake kemeja putih lengan pendek gak terlalu rapih tapi tetep keliatan santai.

Cowok itu senyum kecil, sadar akhirnya gue ngenalin dia. "Bus ke Harmoni barusan lewat tuh, kok lo gak naik?"

"Mau nunggu adzan magrib dulu."

"Oh puasa ya." gue cuma ngangguk, cowok itu pun ngambil sesuatu di tas slempangnya. Bunyi gesekan plastik. Ternyata plastik indomaret, isinya Sari Roti sama Good Day. "Ini buat buka."

"Ah gak usah, makasih." Rotinya cuma satu tapi malah ditawarin ke gue.

"Gapapa ambil aja, gue udah makan satu tadi. Itung-itung biar gue dapet pahala puasa lo juga."

Oh ya bener juga memberi bukaan orang yang berpuasa, pahalanya sama dengan pahala orang yang berpuasa tersebut. Karena niat dia baik gue pun gak enak juga buat nolak lagi. Dapat perlakuan baik dua kali dari cowok ini jadi bikin gue grogi duduk disebelahnya.

"Makasih, hmmmm." ohya nama cowok ini siapa ya, kemuadian gue beranikan diri menatap mukanya, "Oh ya gue joy."

"Kai. Mahasiswa UGJ juga?" Cowok itu nengok kemudian memalingkan muka kedepan lagi. Dia memasukan kembali plastik indomaretnya. Sesekali memandang kedepan, lalu ke arah gue.

"Iya, jurusan Manajemen. Kalo Kai?"

"Sipil. Lo angkatan berapa?" Kali ini matanya memandang ke layar, entah untuk liat jam atau jadwal keberangkatan bus.

"2016."

"Gue 17 Bang Kai.. Eh Kak Kai!" Ternyata senior toh.

"Panggil Kai aja. Jangan ditambahin Kak, apalagi Bang."

"Ah iya.." gue ngecek pergelangan tangan, sebentar lagi adzan magrib.

"Joy lo PP ya? Enggak ngekos?" mungkin karna kita selalu ketemu di halte dia menyimpulkan kalo gue gak ngekos.

"Iya PP, Kai juga?"

"Gue ngekos. Karena semester pendek aja jadi pulang kerumah. Lo ke arah mana?"

"Harmoni trus ke Pulogadung."

"Hah? Gila! Dan lo PP setiap hari?" dia keliatan antusias, badanya yang tadi nyeder langsung tegak ngadep ke gue. Lucu juga gue kira dia gak bakal seekspresif ini. "Gue aja Kampung Melayu tapi ngekos," Lanjutnya.

Gue cuma senyum aja, udah sering liat reaksi orang kalo tau jarak rumah sama kampus yang jauh tapi gue tetep pilih PP. Ya mau gimana lagi, biaya PP lebih murah dibanding biaya ngekos. Gue gak enak kalo gue terlalu membebani orangtua gue, bisa kuliah dengan beasiswa aja gue bersyukur banget.

"Kenapa?" Kai bertanya dengan nada pelan.

"Ngekos tuh mahal tau. Coba kalo kita PP, sarapan sama makan malem bisa dirumah, makan siang kita bisa bawa bekel, trus gak usah ngeluarin uang buat beli galon lah, sabun mandi, sabun cuci, atau buat masak lah. Lebih hemat, kan?"

"Iya juga sih, tapi kan kalo nge kos lo jadi gak capek. Lo jadi punya banyak waktu buat istirahat, buat main sama temen. Lo juga bisa pulang ke kosan kalo gak ada kelas, plus jadi lebih mandiri. Apalagi kan lo cewek bahaya kalo pulang malem-malem terus."

Gue diem, ah bener juga kata Kai. Gue juga pingin ngekos capek juga tiap hari pulang malem-malem, trus besoknya berangkat pagi-pagi lagi. Rumah tuh cuma berasa jadi tempat buat tidur. Karena gak tau mau jawab apa gue akhirnya diam, dia pun juga.

"Kai kemaren gue gak sengaja pake go-pay lo." Gue utang 12rb buru-buru gue buka dompet gue, cuma ada 50rb selembar. "Ini gue ganti."

Kai cuma ngelirik, "Gue gak ada kembaliannya. Nanti aja kalo ketemu lagi."

Ketemu lagi? Apa iya bakal bisa ketemu di halte lagi. Gue sih gak yakin. Aduh gue gak suka banget ngutang-ngutang ke orang. Kecuali kalo dia ngeikhlasin, kalo gini kan jatohnya gue ngutang.

"Boleh minta nomer Whatsapp lo?"

"Eh udah adzan tuh?"

Ini kita ngomongnya barengan. Karena di deket halte gak ada masjid, gue jadi gak sadar kalo udah adzan.

"Sini hp nya. Gue ketik sendiri aja, lo buka puasa dulu." gue ngangguk aja, sekarang hp gue udah sama dia.

"Selamat berbuka puasa, Joy."


Apa ada yang pernah ketemu orang yang baik kaya Kai, pas lg di bus atau kereta?

Deep WellsWhere stories live. Discover now