#7: a change of heart

11.5K 1.3K 539
                                    

Masih lanjutan yang kemarin, ternyata gue masih kepikiran aja.

Tara lah, Ladin lah, duh ntar kalo gue ditanya malaikat di akhirat tentang apa yang gue perbuat selama di dunia, mungkin jawaban gue adalah "berurusan sama cewek-cewek."

--------

Dulu, beberapa minggu sejak putus dengan Dania, bukannya galau berkepanjangan, Ceye malah mikir keras apa yang salah dari mereka sampe keduanya sepakat untuk ga lagi melanjutkan hubungan yang udah berjalan kurang lebih 2 tahun.

Dania hampir mendekati sempurna. Pinter, ga macem-macem, walaupun ga cantik-cantik banget tapi sepadan dengan Ceye, punya cita-cita yang tinggi, visioner, dan kadang bisa menjadi lebih dewasa daripada Ceye.

Siapa sih dulu yang ga iri waktu tau Ceye nembak Dania? Satu sekolah heboh. Bisa-bisanya Ceye yang slenge'an gitu bisa dapet Dania yang super sempurna. Banyak orang yang ga ngerti kenapa bisa sang ketua ekskul band yang ke sekolah cuma numpang wifian doang bisa pacaran sama ketua ekskul KIR yang masa depannya ga perlu diraba-raba lagi.

Kalo versi Ceye, alesan dia nembak Dania dulu karena dia pengen pacaran aja. Ceye, dengan umur yang baru dapet KTP, ga pernah mikir gimana jadinya kalo hubungan dia dan Dania kenapa-napa. Memang, waktu sekolah dulu sih hubungan Ceye dan Dania mulus-mulus aja. Kalo berantem pun paling cuma berantem-berantem lucu abis itu balik lagi. Sama sekali ga pernah terbersit di otak Ceye kalo mereka bakal berantem hebat terus putus.

Yang Ceye jadikan prinsip adalah ngapain juga repot mikirin kemungkinan yang jelek-jelek kalo selama ini yang terjadi justru kejadian yang baik-baik?

Sampe akhirnya Dania keterima di kampus bergengsi di Yogyakarta sementara Ceye tetap di Bandung.

Memang bukan pertengkaran hebat yang terjadi. Tapi kedua orang itu ga lagi sejalan. Ceye ga pernah memprediksi hal seperti ini bakal kejadian. Boro-boro mikir beginian, masa depan hubungan dia dan Dania aja ga pernah dia pikirin. Yang jelas mereka seneng-seneng aja tanpa dirundung ketakutan akan masa depan mereka.

Ini yang bikin Ceye jadi terkesan ga pedulian. Hidupnya terlalu santai. Sekarang ya sekarang, besok ya besok. Ga usah lah mikirin gimana besok kalo sekarang bisa seneng-seneng. Padahal kalau mau mempertahankan apa yang udah jadi miliknya, harusnya Ceye mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Kalo aja waktu itu Ceye punya komitmen untuk melanjutkan, mungkin dia dan Dania masih bareng sampe sekarang. Kalo waktu itu Dania meminta untuk ngelepasin diri, Ceye bisa menggunakan komitmennya untuk mempertahankan Dania.

Toh dalam hubungan yang udah lama, masalah perasaan udah turun peringkat dan ga lagi dijadikan alasan untuk masih bersama. Yang kini mengambil peran justru adalah komitmen. Mau bagaimanapun, kalo orang sudah berkomitmen untuk melanjutkan, mau ga ada rasa yang tersisa pun pasti hubungan tetap berlanjut.

Tapi kayak yang udah dijelasin tadi, Ceye ga mau repot-repot mikirin gimana besok. Komitmen jangka panjangnya masih abu-abu.

Itu kenapa waktu Dania menyerah, Ceye pun menyerah. Ibaratnya mereka udah selesai main di wahana permainan. Udah ga seru lagi. Jadi mending ditinggalin aja.

Setelah putus dengan Dania, Ceye jadi takut untuk mengikat dan terikat. Waktu itu Ceye ga ngerti kenapa dia bisa setakut itu untuk kembali terikat dalam hubungan. Makanya setelah putus dari Dania, dia jadi pengen 'main-main' . Deketin cewek, dan setelah dapet, dia justru bosen dan memilih untuk ninggalin cewek itu. Siklusnya tetap seperti itu selama berbulan-bulan, membuat Ceye dicap sebagai cowok ga berperasaan.

Sebagai cowok, wajar dong kalo Ceye membutuhkan lawan jenis untuk ngelengkapin dirinya, ya ga? Coba, cowok mana yang ga butuh cewek?

Sayangnya, Ceye yang terlanjur males dan trauma untuk kembali berpacaran, akhirnya hanya memandang cewek-cewek tersebut sebagai suatu 'kebutuhan sementara'. Boro-boro diajak jadian, kalo Ceye ilfil ke cewek tersebut, dia langsung ninggalin itu cewek gitu aja.

0 2 2 [SUDAH TERBIT]Where stories live. Discover now